PENDIDIKAN PAUD? APA PERLU?

     
           kali ini gue bakal bahas sama sesuatu yang mengiang-ngiang dikepala gue..
yang selalu menjadi pemikiran gue yang belum terpecahkan selama puluhan tahun belakangan ini..
yap! pendidikan paud.
 yang bakal gue bahas kali ini adalah bukan kenapa anak-anak harus sekolah paud dulu sebelum ke TK, bukan. tapi yang bakal gue tanya adalah kenapa sih ada perkuliahan yang memasukkan pendidikan paud ke dalam fakultasnya?



           jadi ceritanya gini..
"nggi, gue ada lowongan kerja nih. lo mau gak?" tanya temen gue antusias
"lowongan apa? dimana? kerja apa? bukan gebukin pantat sapi sampe jadi abon kan?" tanya gue sok cool
"bukaaaan... jadi guru," kata temen gue dengan masang tampang sok gemes ke gue.
"hah? serius lo? guru apa yang nerima anak yang baru lulusan SMA gini? embel-embel sarjana aja belom ada" tanya gue serius.
"guru paud!" kata temen gue manteb
"guru paud?" tanya gue dungu
"jadi gini..... di TK anuuuuu lagi nyari guru, kebetulan tetangga gue guru disitu. dan dia nyari guru yang baru lulusan kek kita-kita gini. gajih gak gede sih, cuma 180rb/bulan, lo mau?" tanya tenmen gue lagi.
*hening*
"hmmm...." gue masang tampang  sok mikir. "180rb/bulan?.. gue pikir-pikir dulu deh" lanjut gue...

          yaa,,,,,bukan naroh nampang sok mahal juga sih, secara gue cewek baru gede, segalanya butuh duit. yaaa you know lah.. liat baju-baju lucu yang gada keteknya di mall pengen, liat sepatu model aladin pengen, liat mas-mas ganteng di indomaret pengen. dan dengan dikasih upah 180rb /bulan  gue dapet apa???...
bukan masalah matre atau gimana, ya namanya juga anak jaman sekarang. ditambah lagi hidup dijaman yang serba susah dan mahal... you know me so well lah (?)

          tapi yang gue pertanyakan disini adalah...
masa iya kurang dari 200rb? dimana harga dari nyebokin anak orang tiap hari... ngelapin ingus orang tiap waktu... belom lagi ngurusin anak orang yang ee dicelana... kejam!

           buruh-buruh aja isunya minta naik gajih jadi 3,7 juta per bulan. lah ini cuma 180rb? jujur aja ngebatin.
apa gue yang gak faham ama begituan apa emang gue yang gak gaul, kalo gajih guru paud emang rata-rata segitu,
atau ada yang lebih parah?
kalau gitu, mending jadi buruh pabrik sekalian dong?


          yang jadi pemikiran gue juga adalah, apa mungkin dari pengajarnya juga yang gak ber embel-embel sarjana? makanya cuma dapet upah segitu?
welll.....tapi menurut gue sih, sama aja...
because why? ya karna semua orang bisa kok jadi guru paud. guru paud ngapain sih? paling ngajarin anak-anak nyanyi rame-rame sambil belajar baca sama ngitung. ngitung juga belom masuk matematika kalkulus dan matematka dasar kan?..
kalau dipikir-pikir lulusan SD pun bisa kok.
bukan buat merendahkan guru paud atau menyinggung. sumpah demi allah gak sama sekali. tapi gue bingung aja. masa iya segitunya...

          gue punya ide lumayan busuk sih, tapi kalo dipikir-pikir agak masuk akal juga. kenapa guru-guru paud gak demo minta naik gajih aja?? *abaikan*

           inti pokoknya adalah.
kalau semua orang aja bisa buat jadi guru paud. apa gunanya kuliah mahal-mahal ngambil jurusan pendidikan guru paud? atau PGPAUD? sekarang universitas universitas negeri bahkan swasta banyak kan? toh ujung-ujungnya cuma dapet gaji minim ditambah ngurusin anak orang?

          terus sia-sia dong? yaaa enggak juga sih. gada yang namanya belajar itu sia-sia.
mungkin yang menjadi perbedaan disini adalah hanya kualitas mengajar  yang membedakan mereka.
ya  iyalah beda, mana yang sarjana mana yang lulusan SMA .

          lalu?
ya,,,, gue emang gak faham yang begituan sih. gue gak ngerti. ya makanya kan gue nanya... . gue cuma kepikiran aja sama pertanyaan-pertanyaan gue yang diatas tadi.
kalau  menurut kalian seperti apa dan bagaimana?.. share yuk. kita berbagi pengalaman dan sama-sama belajar :"")




3 komentar:



Mari Tertawa mengatakan...

guru paud itu masuk semingggu 3 kali, tiap masuk ppun gak sampe 2 jam. jadi wajar kalau gajinya segitu ^^

Armae mengatakan...

Halo Anggi, salam kenal :)
hmmm.. ngomongin PAUD, jadi ingat dulu juga sering bertanya2, kenapa harus ada PAUD? kan uda ada TK? kasian anak2 masih kecil uda d suruh sekolah, padahal itu seru2nya anak untuk main... dan pertanyaan2 lainnya.

tapi semakin kesini akhirnya smakin paham. jadi Anggi, PAUD itu dasarnya memang swadaya masyarakat, dan umumnya d integrasikan dg posyandu. pendanaannya dari mana? biasanya dari anggaran desa, dan itu memang terrrbatas banget nget nget. jadi ya gitu dehh..

mengenai sekolah pendidikan PAUD, aku kurang setuju kl siapapun bisa mengajar di PAUD. gak gampang loh, karena kita harus menguasai yg namanya "asuhan dini tumbuh kembang". kalo toh gak pake skolah untuk ngajar, ada juga trainingnya, dan itu mahaaalll.. dan tugas guru PAUD bukanlah ngelap ingus ato nyebokin yg be'ol di clana. big No! stauku tugas mereka adalah mempersiapkan anak supaya siap dan terbiasa masuk ke dalam institusi pendidikan formal. supaya gak kaget nanti kalo sudah masuk ke SD. dan tugas itu sama skali gak gampang ;)

180rb untuk gaji guru PAUD emang rasanya agak kurang. tapi untuk kamu yg baru masuk SMA, yg masih cari2 pengalaman, ku kira gak ada salahnya d coba. good luck! :)

Unknown mengatakan...

@lucky: tapi tetangga ku ngajar paud dari pagi sampai sore loh, dan itu tiap hari. kecuali hari minggu dan saat libur nasional saja. dan itupun mengajarnya dari pagi sampai sore :)
by the way terima kasih telah mampir ke blog ku ^^

@armae: hsi armae. waaaahh terima kasih loh coment mu paling panjang, sekarang pertanyaan itu mungkin terjawab. terima kasih juga telah berbagi ceritaa dan mampir ke blog ku ya^^.

Posting Komentar