TANPA EMBEL-EMBEL CARI KERJA ITU SUSAH!

          gue lulusan SMA tahun 2013. umur gue ya... 18th my age lah ya. untuk saat ini kerjaan gue ya dirumah, bantu nyokap dagang paling, kebetulan dirumah buka warung.

because why?
tahun ini gue gak kuliah. bukan "enggak" tapi "belum" . kemungkinan gue kuliah di tahun ajaran baru. di 2014, bareng junior junior gue. buat gue gak masalah kok. yang namanya pendidikan gada kata terlambat kan?
karna di tahun depan juga gue mau nyoba lagi semua yang gagal ditahun ini. dari AMG (akademi meteorologi geofisika), STAN, UNJ, dan lain sebagainya. (doain yaaa......)



           jatoh bangun udah gue rasain semua. sampe akhirnya gue ngerasain yang namanya suntuk dirumah.
ya lo bayangin aja gue UN maret. terhitung april udah libur sampai september (buat yg kuliah) . karna gue gak kuliah tahun ini, otomatis bulan untuk gue libur makin nambah. untuk perguruan tinggi dari kedinasan sekitar mei atau april juga udah pada buka pendaftaran sih. atau bahkan kampus temen gue yang swasta juga udah mulai buka pendaftaran dari bulan januari. ya... intinya gue nganggur dirumah berbulan bulan lah ya.

untuk nunggu waktu yang berbulan-bulan itu lama-lama gue ngerasa suntuk juga. gada kerjaan, bete, gada temen, ya gitulah.
sampe akhirnya gue putusin buat nyari kerja. sebenernya bokap gak ngizinin, tapi ya gue bete lah ya dirumah terus gak pegag uang, yang ada gue galau mulu mikirin cinta. halahhhh...
yaaa itung-itung buat ngisi waktu luang aja, itung-itung buat nunggu bulan sebelum gue kuliah. buat ngisi dompetlah ibaratnya.. tapi untuk gue kuliah dimana gue masih bingung..
satu sisi banyak banget dilemanya.

you know lah perbedan pendapat antara orang tua dan anaknya. bokap gue ngebet banget jeblosin gue ke dunia kesehatan. bukan dokter, gue gak mampu buat bayar praktek dan beli mayatnya. tapi lebih ke jenjang bawahannya AKPER. sodara dari bokap, keponakannya, semua sukses dari bidang kesehatan itu.

awalnya sodara gue ambil s1 keperawatan. udah lulus ikut CPNS dia lolos, dan sekarang ngajar jadi dosen akper dibandung, terus sambil kuliah s2. dan setelah s2 kelar dia mau ngelanjutin s3 di UI. masih muda, cowok pula.
taudeh gue mah gak ngurusin. intinya banyak yang hidupnya enak ya berawal dari itu, AKPER.

ya jadi bokap maunya gue ikutin jejak mereka gitu.
tapi gimana ya..... namanya hati kalo setengah-setengah juga gakan bener jalaninnya. tanya aja sama orang yang pacaran. hihihi,,,

ya, mau digimanain lagi dari pada gue gak di biayain kuliah? apa harus gue ikutin semua kamauan orang tua? emang sih, yang namanya orang tua pasti mau yang terbaik buat anaknya. tapi kemauan orang tua juga belum tentu yang terbaik buat anaknya. bingung kan? sama..

apalagi bokap gue kekeh banget buat nguliahin gue di akper bandung. dan hidupnya? nebeng sama sodara!
ini bukan gue banget. gue selalu debat soal masalah ini sama bokap. tapi bokap batu, yang ada gue nangis/..
ngekos okelah yaa.. ini numpang! karna dari awal gue emang gak dibolehin ngekos.
gue tau sih, numpangnya juga di sodara. tapikan justru ini hambatannya..
yang namanya di sodara apa apa gak enakan. kayak gini:
"kamu makan dulu sanah" suruh sodara gue
yang bisa gue jawab cuma "heeeee....... iya..... heheeeee.... ntar aja... heeee"
canggung lah yaaa..
bisa bisa gue kurus kering kalo tiap suruh makan cuma bisa nyengir sambil jawab iya sekenanya.

yaa serba gak enakan deh. belum lagi kalo gue gak bantu-bantu beresin rumahnya.. emang gak disuruh sih buat ngelakuin itu. tapi ya tahu diri lah yaa.. numpang masa mau enak-enakan aja.
belom lagi kalo misalnya diomongin gue pulang malem. sangkanya macem-macem padahalmah ngapelin tugas kampus yang seabrek. kan kita gak tahu? yagak?

ditambah lagi gue orangnya gak enakan, maluan, wahhh entahlah jadi apa gue disana. apalagi numpang bukan dalam waktu sehari dua hari. tapi 4 tahun (karna gue ambil yang s1)
yang ada gue gak betah, kabur dari rumah, trus gue diculik...
wahhh gak bener deh kalo udah begitu.
gue udah jelasin semuanya. tapi bokap emang ngerti? kagak!
kalo nyokap mah.. terserah apa kata bokap.
makanya gue lagi cari-cari akper yang "ibaratnya" deket dari rumah.

kalo dibilang mau yaa gue mau, tapi dibilang nggak ya gue juga nggak. gak tau lah..
gue mikir aja. yang namanya akper gitu, pasti mahasiswanya cewek semua. yahhhhh gak asik dong. ditambah lagi asrama (akper yg udah gw temuin) udah kayak pesantren. lingkungan cewek ya cewek doang. gak ada cowoknya..
bukan karna masalah "lo mau kuliah apa mau cari cowok"?
tapi mungkin gue belum terbiasa dengan lingkup yang kayak gitu, yaaa gak enaklah pokoknya...

oke kembali ke topik awal.
sekarang-sekarang ini gue "ceritanya" emang lagi cari kerjaan. semua cara udah gue coba.. gue udah ngirim lewat pos ke 3 PT. tapi hasilnya? gak ada sampe sekarang. gak tau belum ada panggilan atau apa. tapi biasanya kalo udah lewat dari sebulan otomasit kita gak dipanggil

dari internet juga udah, gue udah kirim segalanya yang biasanya dibutuhin untuk orang ngelamar kerjaan. tapi hasilnya? ada sih.. email gue dibales. gue suruh dateng ke jakpus. dimananya gue lupa. tapi gue canggung, gue cari info-info terkait. gue buka facebooknya dan ternyata tuh PT bilang "gak membuka lowongan lewat instansi manapun, tapi langsung datang ke PT tersebut"
nahlohhh... sedangkan gue ngirim email ke instansi orang lain.
gue curiga, gue cari lagi di internet. gue cari PT PT yang emang lagi ngebuka lowongan.
ceritanya gue nemu salah satu PT yang emang lagi nyari, pas gue liat CPnya.
lahhhh hubungin orang itu lagi, dengan nomer hape sama.
ini udah gak beres, dan gue yakin nih orang nipu. jadi gue gak datengin panggilan kerjaan gue.

gak berenti disitu.. terus gue dapet info dari temen gue ada pt. yang buka lowongan. gue datengin kesana. ternyata beneran ada.
rame banget. gue ngantri lama-lama. tapi hasilnya? gue ditolak. lantaran umur gue sekarang belom tepat 18th

terus gue coba lagi di PT. tempat bokap gue kerja. katanya harus melewati yayasan. okelah gue dateng kesana. gue coba dan gue tanyain. kata mbak-mbaknya "kira-kira dipanggilnya lama satu bulanan. mau?"
okelahhh gapapa gue coba terus gue tes. tes ya cuma buat formalitas ajalahya..
satu minggu gak ada kabar dari yayasannya mengenai hasil tes gue..
gue coba lagi dateng kesana buat nanyain.
 tapi yang ada gue di PHP-in.
"mbak. gimana untuk PT. blabla udah ada kabar buat pemanggilan?" tanya gue
"blum ada mbak, untuk kapannya kita gak tau. pihak sananya sih lagi ngerundingin mau berapa orang yang diambil dari orang baru, dan berapa orang dari karyawan lama. untuk kapannya belum pasti" kata mbak-mbaknya sambil nelfon -_- . yap di phpin gue.. gue kira kalo ada orang dalem bakalan dipermudah. ternyata nihil.

terus gak berenti disitu, gue dapet kabar juga ada pt yang lagi nyari karyawan. gue datengin tuh. untuk bisa dibilang pt. mungkin terlalu kecil lah yaa..
sampe akhirnya gue ketemu HRDnya dan dia jelasin semuanya.
gue nelen ludah. dalem hati ini kita kerja apa disiksa..
gaji minim istirahat minim gak dapet makan pula. kerja gada hentinya. dikira kita robot?
yaa emang sih yang namanya kerja juga semuanya capek. tapi ini keterlaluan banget sih kalo kata gue.
nanti dalam jangka seminggu gue di sms sama pihak HRD dan dateng bawa lamaran. otomatis diterima sih gue yakin. cuma untuk nerima panggilannya gue pikir-pikir lagi deh. gue ngeri gak kuat buat ngejalaninnya..

okesih gue lebay, tapi emang bener yang namanya kerja itu capek.
dan cari kerja itu gak gampang loh ya.  gue bahkan udah coba semua cara.
gue udah muter-muter kemana mana. kirim e-mail kemana mana, ngepos kemana-mana tapi hasilnya sampe saat ini belum ada sama sekali. kalo liat modal yang udah gue keluarin udah lebih dari cepe mungkin. dari bikin skck, kartu kuning, potokopi potokopi, surat sehat, biaya bensin, biaya pos, biaya scan dan segala tetekbengeknya.

apalagi ditambah kita yaelah yang ibaratnya cuma lulusan SMA. bisa apasih lo?
sekarang yang lulusan D3 dan S1 aja masih banyak yang bingung mau kerja dimana. dan sebagai apa..

demi deh.. bener-bener gue yang ibaratnya "belum ngerti' apa-apa sama beginian. gue yang ibaratnya masih dalam lingkungan yang dibilang gak bisa jauh dari
"ketek emaknya" aja udah nganggep hidup ini keras. yap! gue baru ngerasain sih...

jadi buat lo yang udah ngerasa "hidup lo enak" syukurin aja apa yang ada. bukankah hidup adalah anugerah? kata dmasiv..





2 komentar:



buburasem mengatakan...

pilihan hidup ada 2,
1. ada yang kerja buat kuliah, ada yang kuliah buat kerja

2. ada yang kerja buat nambah pengalaman, ada yang nambah pengalaman buat kerja

Unknown mengatakan...

setujuh!

Posting Komentar