Ingat 3 Perkara Sebelum Kenyamanan Itu Ada

"cinta itu adalah anugerah dari yang maha kuasa. tanpa cinta mungkin hidup kayak gak berwarna. gak secerah biasanya. namun untuk statusnya, dicintai dan mencintai itu adalah sebuah pilihan..."

kadang.. disaat kita lagi jatuh cinta. hidup kayak cuma milik kita. semuanya kayak pelangi, indah..
"kenapa gak dari dulu aja gue nemuin sosok kayak dia" seperti itulah inti kata-kata yang biasanya diucap pelaku para orang-orang kasmaran.

tapi buat yang lagi ngerasa patah hati. semuanya berasa hitam, pahit, dan berbatu...
"gue nyesel pernah kenal sama lo" itu yang biasanya diucapkan dari para pelaku orang-orang tersakiti . bahkan kalo udah gak kuat harus gimana lagi mereka bakalan bilang "gue lebih suka masa kecil gue yang gak neko-neko. yang belom kenal cinta"



fufufu... gak munafik semua orang pernah ngerasain dua hal yang udah gak asing lagi itu.
mencintai atau dicintai. dan menyakiti atau lebih baik disakiti...


gue rasa ini banyak yang menjadi problematika kehidupan remaja saat ini.

disaat seseorang mulai ada rasa. itu semua berawal dari mana sih? ..
dari KENYAMANAN! yap.. hati-hati jika seseorang mulai merasa nyaman. dan sudah berada di zona nyaman.

kenyamanan itu didapat dari mana?
dari kebiasaan-kebiasaan yang sering kalian lakuin tanpa sadar.

contoh simplenya:
1.   SMSan setiap hari, 
      awalnya basa-basi, tapi seiring berjalannya waktu lo gak tau kan kalo tanpa sadar lo berbagi cerita, berbagi pengalaman, curhat, berbagi keluh kesah, dan nemuin nasihat dan masukan disaat lo down. dan disitulah lo ngerasa nyambung sama dia. dan otomatis lo jadi terus hubungin dia disaat lo kesepian. itu yang nantinya jadi kebiasaan.
karna apa? karna lo udah nemuin titik nyaman lo disana.. 

2. Jalan bareng
       jalan bareng ini juga bisa numbuhin rasa nyaman. emang sih awalnya cuma sekedar nebeng pulang sekolah, nebeng pulang ngantor atau kuliah. tapi kalau udah terbiasa lama-lama bakal numbuh rasa nyaman disana.
setelah numbuh rasa nyaman, lo bakal coba ke tahap berikutnya. contoh simplenya temenin makan siang diluar atau temenin nonton. sepele sih emang namanya juga temen. tapi kan orang gak tau kalo tuh huruf T bakal berubah jadi huruf D.
 dan disaat itulah lo punya perasaan bahwa sosok orang ini "asik". sesimple itu...

3. Satu lokasi
      menurut dari apa yang gue liat. kita menjalin hubungan kebanyakan dari manasih? berawal dari mana?
ya dari satu lokasi laaaah.
ya.. walaupun gak semua sih,.
contoh kecilnya. banyak banget kan yang dapet pacar anak satu sekolahan? satu rekan kerja? satu temen kampus? because what? karna kebanyakan dari merika lebih melihat satu yang nyata. nyata didepan mereka. nyata yang bisa diperhatikan tiap hari, dan yang nyata bisa bertemu disaat salah satu lagi kangen. kalo kangen tinggal kekelasnya, beres. beda halnya dengan yang LDR.
....

tapi disaat kita telah merasakan kenyamanan itu muncul dari diri kita.. disaat itulah benih-benih cinta muncul. gak nutup kemungkinan kita bisa pacaran sama temen sendiri, dan sama sahabat sendiri. banyak buktinya! jangan bilang enggak dulu.. mungkin belum ngerasain aja. coba deh dari ketiga hal simple diatas kalian lakuin tiap hari, bukannya cinta ada karna terbiasa?

emang mencintai dan dicintai itu pilihan. tapi yang namanya saling mencintai itu lebih indah..


disaat cinta lagi tumbuh disaat itulah lo lupa akan beberapa hal yang bisa menyakiti hati perasaan orang lain.

1. Terima pasangan apa adanya

     kedengaranya gampang. tapi justru ini yang tersulit. disaat lo lagi ngerasain jatuh cinta, semuanya akan lo anggap indah dan berwarna. lo gak perduli dengan apa yang ada saat itu, lo gak perduli dengan apa yang lo cuma liat saat itu. yang lo tau saat itu adalah lo bahagia. bahagia di smsin tiap hari disaat lo kesepian, misalnya.
 tapi mungkin disaat lo udh masuk dalam istilah "pacaran" lo gak bisa gak perduli lagi dengan hal itu. dan hal itu bakal lo rasain sendiri.

perlu contoh?
gak sedikit sekarang yang pacaran nuntut pacarnya untuk harus bisa ini, harus bisa begitu, gak boleh gini, gak boleh gitu. lah? bukannya itu nuntut orang lain untuk bisa berubah? gak dikit juga orang yang nyuruh pacarnya "bahkan" berubah seperti kelihatan bukan dirinya sendiri.
 berubah? power ranger kaliiiii.

gays.. orang yang nuntut pacarnya harus begini begitu tuh tanda kalau kalian belum bisa menerima pasangan apa adanya..
apalagi kalau sampai pacar kalian nuntut kalian harus merubah "sifat" kalian yang notabene, "bukankah sifat ada padadiri kita dari lahir dan susah untuk diubah secara instant?" nah!!

ada tuh, gue pernah nemuin. dia mau untuk kita berubah jadi apa yang dia mau. tapi dia gak pernah bilang dan berterus terang.
 endingnya? dia mutusin hubungan karna faktor "aku gak suka sama sifat blabla kamu..." . faak!.. heloooow.. orang ngelakuin kesalahan aja ada yang baru sadar setelah dia dinasehatin bahwa dia salah.
lah ini? kita harus dituntut peka terhadap keinginan dia tanpa dianya berterus terang. yang jujur dari awal aja susah buat ngerubah sifat yang udah mendarah daging. gimana yang gak diomongin dari awal? bukankah kita sulit untuk menilai diri kita sendiri?

hati-hati sama nuntut orang seenaknya. boleh.. tapi gak seinstant dan secepat itu. harus perlu waktu. tapi kalau terlalu nuntut banyak. memang lo siapa? toh baru pacar kan.

lo pernah mikir gak kalo lo juga banyak kekurangan? tapi misalnya pacar lo gak nuntut?
harusnya dari situ lo sadar, kan setiap orang punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. pacar lo aja nerima lo dan gak mempersalahkan permasalahan itu. kenapa lo malah nuntut orang menjadi sempurna dimata lo? :)

tapi lebih baik, sebelum ke status lebih atau biasa disebut pacaran. lo harus bisa terima ini dari awal, buat komitment. jangan malah akhirnya lo mutusin pacar lo gara gara kasus yang gue temuin diatas. amit amit deh yaa.. amit amit juga sama orang yang punya pemikiran pendek kayak gini..
intinya sih, jangan mutusin orang pas lagi cinta-cintanya. beware! hukum karma berlaku.

2. Orang tua dan keluarga

     Ini penting banget. jangan sampe disaat lo udah melangkah jauh, udah ngejalin hubungan yang cukup lama. tautaunya orang tua doi gak suka sama lo. dan endingnya? lo diputusin doi gara-gara pihak keluarganya.
nentuin pilihan ini gak gampang loh. disaat orang lagi ada di posisi kayak gini dia juga di suruh memilih diantara dua pilihan yang berat. apa dia harus milih doi sebagai pacarnya yang notabene orang yang dia cintai. atau memilih dan mengikuti apa kata orang tuanya.

gue juga pernah nemuin kasus kayak gini. ada orang pacaran udah lama hampir 2 tahunan lah, tapi dia putus gara-gara sang cowok beralasan ya.... gitulah ya. klasik. tapi padahal ada satu alasan lain yang dia sembunyikan.
 apa? katanya sih garagara keluarga si cowok gak respect gitu sama cewek itu. keluarganya menilai blablabla tentang ceweknya, ngejudge gitu. padahal kenal aja belom, dikenalin sama sang cowok aja belom. si cowok mungkin bertahan, mangkanya sampe tahunan gitu. tapi endingnya? sang cewek diputusin. dan sedihnya si cewek tau semua itu dari mulut orang lain. bukan dari mulut cowoknya sendiri. itu nyesek banget.

harusnya sih harusnya... kalo ada masalah kayak gini ya terus terang. bilang aja kalo keluarganya kurang seneng sama dia. ya..emang sakit sih, tapi kalau diomongin dari awalkan siapa tahu sang cewek mau lebih welcome ke keluarga cowok itu tadi. ya toh kan keluarga itu cowok juga belum kenal sama pacar dari anaknya itu. siapa tahu kalo dikenalin dari awal gak bakal begitu endingnya.

tapi kalau tetep pihak keluarga gak welcome sama lo? udah. mending jangan dipaksain deh. emang sih, banyak gue liat juga ada yang berjuang demi ngedapetin hati calon mertua. ya.. kalau usaha lo diliat, ya alhamdulillah udah ada hidayah berarti.
tapi kalau tetep keluarganya gak nerima lo apa adanya juga? mending jangan.... apa lo mau kalau akhirannya nanti menikah tanpa restu orang tua? hehehehe... kasian yang jadi korbannya juga. sakit hati sumpah..  berasa di injekinjek banget.
Intinya, kenalin dulu dari awal! sebelum melangkah.

3. Belum boleh pacaran

       yahh,,,, pacaran lama-lama kalo backstreet buat apa? ya bukan gitu juga sih. yang namanya pacaran serius kan kita butuh penjajakan kepada calon mertua masing masing. tapi kalo ternyata sangcalon mertua itu ngelarang anaknya buat pacaran gimana?

contoh singkatnya. "kamu masih minta jajan sama mama ya bahrun, jangan mentingin cewek dulu, jangan pacaran dulu. sukses dulu. baru nanti cari pacar"
kayaknya jarang sih, orang tua laki-laki ngomong gitu ke anaknya, soalnya yang diliat dari kebanyakan orang, bahkan orang tua dr laki-laki biasanya lebih cuek kepada anaknya.

tapi jangan salah gue nemuin kok orang yang begitu.. justru cowok yang gak dibolehin pacaran sama orang tuanya. hasilnya? backstreet selama pacaran bertahun-tahun.
nyeseknya? putus juga.....


intinya... seindah indahnya masa PDKT ingat juga hal-hal yang bakal lo temuin nantinya..
belajar menerima kekurangan orang lain itu yang pertama.


salam^^
   










9 komentar:



Titis Ayuningsih mengatakan...

Mungkin bisa dikatakan cinta itu tak bisa dipaksakan apalagi mengenai restu orang tua, kalau melawannya akan ada "sesuatu" nantinya, dan keikhlasan akan diuji ketika harus berpisah.:D

Unknown mengatakan...

bener banget :'D . Intinya harus jd pribadi yg kuat :D

Petrus Andre mengatakan...

Tulisannya lumayan panjang ya, ngosngosan scroll dari atas :D
keep writing! :)
Salam.

Unknown mengatakan...

wahaha terimakasih sudah mampir ke blog ku ya^^

Anonim mengatakan...

Hai Anggi,

Aku lagi cari guest blogger utk #MenulisMuharram.
Lihat disini deh: http://bit.ly/HlVEya, thankyou ^^

Nyovika mengatakan...

Wa bener panjang tulisannya :)
Nice post, kayanya yg nulis udah pengalaman nih.
Salam kenal :)

Maulana yusuf mengatakan...

tulisannya menyentuh, lanjutkan bakat lu yah ghi :)

Berbagi dan Mencari mengatakan...

Saya belum selesai bacanya, tapi saya bilang Nice post. Salam Kenal :)

Unknown mengatakan...

terimakasih banyak semuanya ^^
iya salam kenal ya :)

Posting Komentar